Wajib Tahu! Inilah 7 Ikan Hias Paling Cantik di Dunia!

Apakah kalian hobi memelihara sesuatu? Entah itu kucing, anjing, marmut, dan sebagainya. Begitu banyak orang yang memelihara jenis hewan darat. Namun tahukah kalian, selain hewan darat, memelihara hewan laut juga merupakan sesuatu yang sedang populer, entah itu untuk dijadikan peliharaan ataupun untuk dibuat bisnis.

Dikutip dari tipsbudidaya.com, banyak orang yang memelihara ikan hias karena keindahannya dan juga untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman. Namun tidak hanya itu saja, ikan ini jika dijual juga akan menghasilkan jumlah yang besar tergantung dari ikan hias tersebut. Pastinya ikan hias yang paling dicari atau disukai adalah ikan hias yang cantik.

Namun apa sajakah ikan hias yang paling cantik? Berikut simaklah beberapa ikan hias paling cantik.

1. Mandarinfish

Ikan hias tercantik pertama adalah Mandarinfish yang berasal dari Samudera Pasifik di daerah Kepulauan Ryukyu hingga Australia. Dengan bentuknya yang unik disertai dengan tubuhnya yang penuh warna dan begitu cantik. Banyak juga yang berpendapat jika ikan ini merupakan ikan terindah di lautan.

Mandarinfish ini memiliki tubuh sekitar 6 centimeter. Tak hanya itu, sama halnya dengan ikan louhan, ikan ini memiliki racun. Jadi jika kalian tertarik untuk memeliharanya, kalian harus mengetahui cara-cara perawatan dari mandarinfish.

2. French Angelfish

Ikan hias berikutnya adalah French Angelfish yang berasal dari Bahama, Florida, dan Karibia. Saat usia remaja ikan ini memiliki garis-garis vertikal yang besarnya kuning di tubuhnya. Namun, saat dewasa, garis-garis tersebut akan hilang dan akan berganti menjadi abu-abu dan hitam.

Jika di lautan bebas, ikan ini sering terlihat hidup berkelompok. Meskipun makanan yang sering dikonsumsinya seperti spons, bryozoa, dan organisme sesil lainnya, ikan french angelfish ini juga dapat diberi makan ganggang dan invertebrata kecil.

3. Clownfish

Jika kalian penggemar ikan kecil dan imut-imut, pastinya ikan yang satu ini menjadi rekomendasi bagi kalian. Clownfish atau yang dikenal sebagai ikan badut ini merupakan ikan hias tercantik dan peminat dari ikan ini pun juga banyak. Ikan yang dikenal dengan sebuah cerita ikan penuh kelucuan ini menjadi ikan hias akuarium yang paling populer.

Ikan ini berasal dari pesisir Australia dan Asia Tenggara di Terumbu karang. Di lautan bebas, ikan yang dikenal sebutan "nemo" ini lebih suka melakukan simbiosis mutualisme dengan anemon laut. Ikan nemo akan membersihkan Anemon laut dengan memakan sisa-sisa makanan anemon, dan sedangkan anemon laut melindungi ikan nemo dari pemangsa.

4. Juvenile Emperor Angelfish

Ikan hias tercantik selanjutnya adalah Juvenile Emperor Angelfish. Saat usia remaja ikan ini memiliki warna biru tua dengan cincin biru dan putih. Dan saat sudah dewasa ikan ini memiliki garis-garis warna kuning, biru, dan warna hitam di sela-sela garis. Membutuhkan waktu sekitar 24 hingga 30 bulan untuk mendapatkan warna dewasa tersebut.

Ikan ini memiliki tubuh yang mencapai 15 inchi. Di lautan bebas ikan ini hidup di pada kedalaman antara 1 hingga 100 meter.

5. Regal Tang

Bagi kalian yang menonton film "Finding Nemo" pastinya kalian kenal dengan film yang satu ini bukan? Sebuah ikan yang bernama Dory yang memiliki nama aslinya Regal Tank ini merupakan ikan hias tercantik. Dengan memiliki warna tubuh biru cerah dengan ekornya yang berwarna kuning.

Namun, saat masih remaja, ikan ini memiliki warna kuning cerah disertai dengan bintik-bintik biru di dekat matanya, dan ujung siripnya yang berwarna biru muda. Saat dewasa, tubuh ikan ini akan berubah menjadi warna yang lebih biru.

6. Moorish Idol

Ikan hias selanjutnya adalah Moorish Idol. Ikan ini begitu diminati bagi para pecinta ikan hias, yang dikarenakan bentuknya yang unik dan mempunyai pola warna tubuh yang unik. Selain itu, ikan ini merupakan ikan yang cukup tenang, dan tidak mengganggu ikan lainnya. Sehingga Ikan ini dapat digabungkan dengan ikan lainnya.

Ikan ini berasal dari Samudera Pasifik. Karakteristik ikan ini adalah mempunyai moncong panjang dan mungil. Uniknya lagi, ikan ini begitu mirip dengan Butterflyfish, namun sayangnya mereka tidak dalam keturunan yang sama.

7. Symphysodon Discus

Ikan hias tercantik terakhir adalah Symphysodon Discus. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa ikan ini dianggap sebagai raja akuarium. Dengan memiliki tubuh yang tipis, dan panjang tubuh sekitar 6 inci. Ikan ini juga begitu tenang, dan damai.

Ikan ini dapat ditemukan di berbagai daerah di sungai Amazon. Ikan ini memiliki tubuh yang paling besar bisa mencapai 15 cm. Jika kalian tertarik memeliharanya, kalian harus ekstra hati-hati, karena ikan ini mudah stress.