Tips Agar Baterai Laptop Awet

Bagi sebagian orang laptop merupakan barang penting yang dibutuhkan untuk membantu  menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan laptop seperti bekerja, mengerjakan tugas, menonton film, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi. Banyaknya aktivitas dan durasi waktu untuk membuka laptop tentunya sangat berpengaruh terhadap ketahanan baterai dari laptop tersebut. Lalu bagaimanakah agar baterai laptop awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama? Berikut beberapa tips agar baterai laptopmu awet digunakan.

laptop

Jangan sampai baterai laptop habis hingga 0%

Jangan membiasakan menggunakan laptop sampai baterainya habis, karena baterai laptop memiliki batas umur pakai, sehingga panjang pendeknya umur baterai tergantung dari pemakaian penggunanya. Baterai yang di charge sebelum habis, ternyata lebih awet ketimbang baterai yang di charge setelah benar-benar habis setelah digunakan. Agar laptop tidak sampai mati, selalu perhatikan jumlah baterai yang tersisa ketika digunakan.

Jangan menggunakan laptop terlalu lama hingga suhunya berubah panas

Cara merawat baterai laptop yang selanjutnya adalah dengan menjaga suhu laptop agar tetap stabil. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga suhu laptop tetap stabil yaitu dengan menggunakan cooling pad (pendingin laptop)serta vacuum cooler, dengan menghidupkan pendingin ruangan (AC) ketika sedang menggunakan laptop, atau bisa juga dengan menggunakan kipas angin.

Hindari meletakkan laptop diatas kasur, bantal atau sofa, karena material dari benda-benda tersebut bersifat menyerap panas, sehingga menyebabkan laptop yang sedang digunakan suhunya akan semakin panas.

Mengatur cahaya layar mode rendah

Layar adalah salah satu fitur laptop yang banyak menghabiskan daya baterai. Pengaturan cahaya yang terlalu terang dapat menguras baterai dengan cepat. Sehingga pastikan mengatur kontras rendah ketika laptop sedang digunakan.

Ketika sedang di charge, maka istirahatkan laptop

Kebiasaan buruk yang sangat sulit dihilangkan adalah menggunakan laptop sambil di charge. Kebiasaan inilah yang lama-lama akan membuat baterai cepat rusak. Agar baterai laptop kamu awet, maka usahakan mengistirahatkan laptop ketika sedang proses charging.

Bukalah aplikasi yang sedang dibutuhkan saja

Laptop akan bekerja lebih keras ketika kamu membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan membuat daya baterai lebih cepat terkuras. Jadi, bukalah aplikasi yang kamu butuhkan saja, agar tidak banyak aplikasi yang terbuka sia-sia sehingga menguras daya baterai laptopmu.

Kontrollah waktu penggunaan laptop

Jika ingin baterai laptop awet, maka pastikan laptopmu memiliki waktu istirahat yang cukup setelah digunakan. Jangan terlalu memforsir penggunaan laptop secara terus menerus, karena dapat membuat baterai cepat rusak.

Menggunakan charger original

Agar baterai laptop tidak mudah rusak, maka gunakanlah charger original atau bawaan laptop tersebut. Hindari penggunaan charger imitasi atau KW, karena dapat mengakibatkan arus listrik menjadi tidak stabil, sehingga lonjakan arus listrik terlalu besar atau kecil dapat membuat baterai cepat rusak.

Aktifkan mode power saver pada laptop

Cara selanjutnya untuk membuat baterai laptop awet adalah dengan mengubah pengaturan daya laptop dengan cara klik icon baterai pada Taskbar di sisi kanan bawah layar, kemudian pilih mode Power Saver. Laptop jenis apapun pasti memiliki fitur penghematan baterai, sehingga dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat menghemat daya baterai ketika dalam keadaan kritis, dan akan memperpanjang masa pakai baterai.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat baterai laptopmu lebih awet, dan tidak cepat rusak, sehingga kamu dapat lebih lama menggunakan laptop kesayanganmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Yuk.. temukan juga artikel menarik lainnya di kangmasian.